Jaselang dan minuman tradisional yang hampir serupa | Indonesia Traditional Herbal Drink - Keanekaragaman Kekayaan budaya Indonesia

Kategori:

     Kali ini kami akan memberikan info mengenai salah satu produk kami, yaitu Jamu Jaselang. Nama Jaselang ini merupakan akronim dari bahan - bahan yang digunakan untuk membuat minuman ini, yaitu Jahe, Secang dan Alang - Alang. Minuman ini sebenarnya sudah dikenal sejak dahulu, terutama di pulau Jawa. Biasanya dikenal dengan sebutan Bir Jawa, hanya saja ada berbagai variasi yang berbeda di setiap provinsi di Jawa. Berikut adalah berbagai variasi Minuman minuman tradisional yang memiliki resep hampir sama dengan Jaselang :

  • Bir Pletok ( Minuman Khas Betawi | Jawa Barat)

Bir Pletok
             Bir Pletok ini adalah minuman khas betawi yang sudah terkenal di seantero Indonesia. Bahan utama dari minuman ini adalah jahe, daun pandan, serai dan kayu secang biasanya digunakan agar warnanya lebih menarik. Terkadang juga ditambah bahan bahan seperti daun jeruk, cengkeh, kayu manis, kapulaga, cabe jawa, dan lada hitam yang semuanya merupakan rempah rempah asli Indonesia. Karena pada zaman dahulu minuman ini juga digunakan sebagai obat, penambahan rempah rempah tersebut dimaksudkan untuk menambah khasiat dari bir pletok. Namun tidak mengurangi kenikmatan dari Bir Pletok. Minuman ini dapat disajikan panas maupun dingin, sehingga bisa dinikmati dalam berbagai suasana. 
               Beberapa khasiat dari Bir Pletok adalah mengatasi masuk angin, kecapekan, rematik dan melegakan tenggorokan. Untuk mendapatkan minuman ini sekarang sangat mudah. Bahan - Bahan yang digunakan untuk membuatnya sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Dan jika anda tidak bisa membuatnya sendiri, Bir Pletok ini sudah dijual dalam bentuk sirup, dan serbuk. Jadi tinggal tambahkan air panas / air dingin, secangkir bir pletok siap dinikmati..!!
  • Wedang Uwuh (Minuman Khas Yogyakarta/Solo | Jawa Tengah)
Wedang Uwuh

            Menuju Jawa Tengah, ada Wedang Uwuh. Wedang yang dulunya dijual di sekitar Makam Imogiri Yogyakarta ini sekarang sudah terkenal sebagai minuman khas Jawa Tengah. Minuman ini semakin dikenal seiring dengan menjamurnya angkringan angkringan di daerah Jogja. Ciri khas dari minuman ini adalah rempahnya tidak disaring saat penyajiannya. Ini juga yang menjadi asal muasal nama wedang uwuh, Uwuh dalam bahasa indonesia adalah Sampah dedaunan. Bahan - bahan yang digunakan untuk membuat minuman ini adalah rimpang jahe, serutan Wit kayu secang, serutan kayu manis, cengkih, daun pala. Kadang ditambahkan pula batang sereh atau daun jeruk. Bisa juga dibubuhi gula batu atau gula merah. Hampir sama dengan bir pletok khas betawi tadi, mungkin hanya ada perbedaan dalam penyajiannya.

      Minuman ini juga memiliki khasiat yang sudah diceritakan secara turun menurun sehingga dipercayai oleh masyarakat seperti meredakan batuk, capek, masuk angin, pegal, dan kembung. Anda bisa menikmati wedang uwuh ini di angkringan - angkringan yang sudah menjamur di Jogja. Dan jika anda ingin menikmati Minuman ini dirumah, sudah banyak dijual Wedang Uwuh instan. Namun jika anda tidak mau kehilangan sensasi minum "Uwuhnya" ada juga yang menjual rempah rempahnya untuk 1 gelas. Anda tinggal merebusnya dan wedang uwuh siap dinikmati.
  • Sirup Pokak (Minuman Khas Probolinggo | Jawa Timur)
                       
       Minuman yang satu ini dapat anda temukan di daerah Probolinggo, Jawa Timur. komposisi utama dari minuman ini adalah : Gula, Jahe, Pandan Wangi, Kayu Manis, Sereh, Jeruk Purut, dan Cengkeh. Gula yang digunakan dalam minuman ini adalah gula merah dan gula putih bisa diganti sesuai selera. Sajian ini sangat terkenal lho di Probolinggo, dan bakal sering dijumpai disaat hari raya Idul Fitri. Nah ini, dari pada anda bingung mau menyajikan apa saat Hari raya pada tamu, maka tidak ada salahnya anda memilih Wedang Pokak. Daripada air mineral, atau minuman dalam gelas yang lain, minuman ini tentunya memiliki khasiat yang baik bagi tubuh.
                   Khasiat dari minuman ini adalah menghangatkan badan, mengobati batuk dan pilek serta menghilangkan bau badan dan pegal linu. Jika anda ingin menimati minuman ini, maka datanglah ke probolinggo untuk memburunya. 
  • Jaselang (Minuman Khas Malang | Jawa Timur)
Jaselang
                  Jaselang tidak seperti ketiga minuman diatas yang sudah punya nama. Malang lebih terkenal dengan bakso Malang, dan macam - macam keripik. Kami disini mencoba untuk menjadikan Jaselang menjadi sebuah ikon baru oleh oleh dari Malang Raya. Karena minuman ini tidak kalah jika dibanding minuman dari daerah lain secara rasa dan khasiatnya. Bahan utama dari minuman ini adalah Jahe, Secang, Alang - Alang, Merica, Kapulaga, dan Kayu Manis. Perbedaan Jaselang dengan minuman - minuman lain adalah penambahan alang - alang.
                  Khasiat dari minuman ini juga hampir sama dengan minuman lainnya, karena memang bahan yang digunakan juga hampir sama. Minuman ini memiliki khasiat sama, seperti menjaga stamina, mengobati perut kembung, menghangatkan badan, dan lain lain. Minuman ini juga memiliki khasiat melegakan tenggorokan dan mengobati panas dalam karena adanya alang alang. Nah, jika anda ingin menikmati Jaselang dirumah, maka kami menyediakan Jaselang instan serbuk, maupun cair.


              Nah, Gimana? dari minuman minuman tradisional yang sudah kami infokan tadi apakah sudah pernah anda coba semuanya?. Daripada meminum soft drink yang sudah jelas berbahaya bagi tubuh mending kita menikmati minuman herbal kaya diatas. Selain menyegarkan badan, kan sekalian melestarikan kekayaan budaya Indonesia. Masak mau nunggu di klaim negara lain dulu......??


*image from google, copyright belong to their respective owner.

2 comments: