Barang Handmade: Kelebihan dan Kekurangan

Kategori:


     Di Indonesia, barang handmade semakin banyak peminatnya. Keunggulan dalam segi kualitas membuat para konsumen semakin cinta. Tas handmade misalnya, selalu memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Disini kami akan mencoba memberikan informasi tentang kelebihan dan kekurangan barang handmade.

Kelebihan :
1. Khas 
Tangan setiap orang di dunia ini akan menghasilkan barang yang berbeda satu sama lain. Meskipun kita berusaha meniru semirip mungkin, pasti hasilnya berbeda.

2. Unik
Tidak ada yang lebih unik dari handmade. Karena barang handmade di buat dari mesin 'hidup' yang dilengkapi dengan sparepart panca indera, emosi, dan akal pikiran (kecerdasan). Sparepart tersebut asli ciptaan Tuhan, bersifat fleksibel dan potensinya tak terbatas (selama kita mau meng-explore-nya). Adakah mesin pabrik yang bisa menandingi? :)

3. Detail
Hanya dalam kreasi handmade-lah detail itu ada. Tapi, tidak semua crafter mau/bisa membuat detail dalam setiap kreasinya. Maka..inilah yang dinamakan unik dan khas dalam kreasi handmade.

4. Susah ditiru
Desain kreasi handmade berpotensi besar untuk ditiru. Anda khawatir jika ide-ide kreatif anda di jiplak? Seharusnya anda senang, karena itu mengindikasikan ide kreatif anda sukses menarik minat orang lain :D

5. Kualitas
Kualitas yang bagus sudah pasti menjadi ciri khas barang handmade. Pembuatan yang sangat  detail membuat kualitasnya menjadi sangat baik.

Kekurangan :
1. Proses pembuatan lama
Jelass...semua serba manual.Gambar pola satu-satu. Gunting pola satu-satu. Jahit tangan satu-satu. Pasang manik-manik satu-satu...

2. Produktifitas kecil
Tentu...karena proses pembuatannya lama, otomatis produktifitasnya kecil (jika dikerjakan sendiri)

3. Pemasukan lambat
Pasti... Harus selesai dulu baru ditransfer :D

Sudah jelas kan?? kurang lebih seperti itulah kelebihan dan kekurangan barang handmade. Kami harap anda semakin mengerti mengenai barang handmade. Selanjutnya terserah anda, mau pilih yang handmade atau yang nggak handmade, yang penting tetep berkreasi dan tetep support produk lokal ya !!


0 comments:

Posting Komentar